Rangka atap baja bisa roboh?


Tahukah anda bahwa rangka atap baja ringan dan rangka atap baja berat dapat ambruk/roboh? apa saja penyebabnya? di artikel ini galvalumdangalvanis akan memberikan wawasan kepada pembaca agar dapat mengetahui dan mendapat wawasan baru.

Pada dasarnya rangka atap baja ringan dan rangka atap baja berat merupakan sangat penting dalam sebuah bangunan yang fungsinya adalah sebagai penahan dari kondisi cuaca panas, hujan, dan terpaan angin maupun hal-hal lainnya yang dapat memperngaruhi rangka atap/bagian atas sebuah bangunan.kesalahan bisa terjadi pada sumber daya manusianya yakni skill dan pengetahuan dari para manpower, mandoran, dan  tim pelaksana/kontraktornya.bisa jadi terdapat misscomunication (putus dalam komunikasi/kurang komunikasi).

Rangka atap baja ringan dan rangka atap baja berat adalah kesatuan yang sama sifatnya terpisah dan akan terpasang antar satu dan yang lainnya hal ini akan menjadi suatu yang utuh sebagai objek dan bukan lagi material yang terpisah-pisah.maka dari itu pentingnya memperhatikan secara hati-hati dan secara detail.

Beberapa hal yang menyebabkan rangka atap dapat ambruk/roboh antara lain :




  • Dudukkan/sepatu/bracket miring dan menyebabkan tidak seimbangnya rangka-rangka pada tiap dudukannya.akibatnya daya tekan pada setiap sisi berkurang dan pada akhirnya ini berpengaruh pada kontruksi dan menjadi ambruk/roboh.
  • Miringnya/tidak ratanya suatu bangunan.sehingga dapat terjadinya pemasangan rangka atap tidak sejajar/seimbang dan menyebabkan tekanan yang berlebih pada sisi miring.hal inipun dapat menjadikan rangka atap ambruk/roboh.
  • Pemilihan bahan yang tidak sesuai dengan kapasitasnya sebagai rangka atap yang digunakan.
  • Pemberian beban (atap pada separuh sisi).ini biasa dilakukan oleh manpower ketika rangka atap sudah terpasang.dan kadang memang mereka memasang atap tidak keseluruhannya artinya hanya dipasang atap pada satu sisi saja.dan akibatnya akan memberikan tekanan beban yang tidak seimbang ketika mendapat pengaruh dari cuaca seperti terpaan angin dan hujan.
  • pemilihan atap yang beban beratnya tidak disesuaikan dengan rangka atap yang akan dipasang.apabila ingin memasang rangka atap maka pilihlah atap yang sesuai dengan jenis rangka atapnya.atau jika tidak mengerti maka mintalah saran pada kontraktor yang bersangkutan menangani rangka atap anda.
  • Rangka atap baja ringan & Rangka atap baja berat memiliki kelebihan yakni "anti karat". namun dengan catatan anti karat tersebut tidak hilang.sebab jika anti karat yang melapisi baja tersebut hilang maka ada bagian yang dapat menjadi karat dan berkurangnya kualitas baja tersebut.hal-hal yang dapat menimbulkan hilangnya anti karat pada baja adalah terkikisnya lapisan antikarat ketika pemasangan atap/genteng yakni adanya benturan/gesekan pada sisi rangka atap dan genteng/atap.pemotongan rangka baja pada saat pengerjaan.pemotongan yang terlalu kasar dan tidak sesuai prosedur kontruksi dapat menyebabkan berkurangnya kualitas suatu baja.pengaruh tingkat suatu daerah.perlu disadari pula bahwa daerah yang berada dipegunungan dan pantai memimiliki pengaruh yang cukup besar.bahwa lapisan anti karat akan dapat berkurang jika terkena air asin/garam.dan apabila dipegunungan/dataran yang lebih tinggi kemungkinan akan bertahan lebih lama karena tingkat cuacanya dari segi terpaan angin tidak begitu kencang.
  • Skill para manpower.nah untuk manpower diharuskan memiliki pengetahuan dan skill yang cukup baik dibidangnya.agar pada saat pengerjaan suatu proyek dapat dikerjakan dengan baik.apabila manpower tidak memiliki pengetahuan dan skill yang sesuai maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Putusnya komunikasi.hal ini biasa terjadi karena hal yang sepele bisa jadi karena kurangnya pemahaman antar kontraktor, tim pelaksana dan manpower.jika salah satu saja kurang paham dan terjadi hilangnhya komunikasi maka pengerjaan bisa menjadi tidak sesuai seperti yang diharapkan.hal-hal putusnya komunikasi.terhambatnya sinyal telekomunikasi, takut atau enggan melaporkan, lupa apa yang ingin disampaikan.
  • Drafter dan surveyor. kedua tim ini sangat penting dalam berjalannya suatu pengerjaan proyek.
  • Bahan yang terlalu murah.banyak kita jumpai orang atau pembeli seringkali meminta potongan harga atau meminta bahan yang lebih murah namun dengan kualitas yang baik.beda dengan Wahana Tri Karya yang memberikan harga yang terjangkau dengan bahan yang berkualitas dan bergaransi.



Demikanlah penjelasan mengapa Rangka atap baik baja berat maupun baja ringan dapat ambruk/roboh.semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar